Tugas Internet dan LAN & Praktek

TUGAS PERPUSTAKAAN DAN INTERNET/LAN:

DULU, KINI,DAN MASA MENDATANG

 

 

 

 Oleh :

 

Kadek Deni Saputra                                       1421503007

 

 

D3 PERPUSTAKAAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS UDAYANA

TAHUN 2015

 

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Pemahaman perpustakaan dan internet perlu dikuasai sebelum membahas lebih jauh lagi kaitanya perpustakaan dengan internet.  karena pengertian perpustakaan sudah berubah seiring dengan perkembangan sejarah serta kemajuan teknologi. Perpustakaan merupakan suatu sumber informasi lembaga pendidikan yang memiliki kewajiban menyediakan medi informasi kepada para pengguna perpustakaan. Perkembangan perpustakaan dari zaman ke zaman mengalami perubahan yang sangat pesat dan diikuti pula dengan perkembangan TI dan komunikasi internet yang dapat memudahkan mengakses media internet.

Istilah perpustakaan  menurut International Encyclopedia of Librar and Information Science perpustakaan dalam arti sempit adalah koleksi materi [perpustakaan] yang diorganisasi untuk digunakan.Pengertian  tersebut ada sejak zaman perpustakaan Alexandria sampai dengan Perpustakaan Nasional RI, mulai dari  ruang arsip di Nineveh hingga ke depo arsip dinamis di berbagai negara. Pengertian lain yang banyak dipakai tentang peprustakaaan  adalah gedung, bagian gedung, atau ruangan yang digunakan untuk keperluan penyimpanan Definisi tersebut sangat sempit karena tidak mencerminkan karakteristik utama perpustakaan, Pembaca dapat menemukan definisi perpustakaan di sumber lain seperti kamus, dan buku-buku pendidikan lainnya

Dari berbagai sumber tersebut, penggunaan istilah perpustakaan menunjukkan sebuah bangunan fisik , gedung, dengan rak memuat berbagai buku serta materi lain yang telah terorganisasi untuk memudahkan akses serta penggunaannya. Namun demikian istilah perpustakaan sebagai tempat membaca tidak merupakan definisi lengkap karena definisi tersebut menafikan berbagai aktivitas yang berlangsung di perpustakaan serta peran perpustakaan dalam kehidupan manusia dan masyarakat pada umumnya. Gorman (2009) mengatakan bahwa perpustakaan merupakan konsep yang mencakup jasa perpustakaan,koleksi perpustakaan, staf  perpustakaan, aktivitas yang berlangsung di luar gedung perpustakaan.

Shera (1976) menyatakan bahwa perpustakaan  didirikan guna memenuhi beberapa kebutuhan sosial. Perkembangan perpustakaan berhubungan erat dengan sejarah intelektual dan perubahan struktur organisasi serta sisten nilai dari kebudayaan yang menciptakannya. Karena peran kultural ini, maka perpustakaan telah  ada sejak abad 13 SM. Ada pun perpustakaan modern muncul sekitar abad 15 seiring dengan penemuan kertas. Perkembangan perpustakaan dari zaman ke zaman mulai mengalami perubahan sangat pesat ini dikarenakan pengaruh dari perkembangan teknologi jaringan internet yang membuat peprustakaan semakin berkembang.

 

 

  • Rumusan Masalah

1.2.1 Bagaimana  perkembangan perpustakaan dan internet/LAN

1.2.2 Bagaimana perkembangan perpustakaan yang dulu,kini dan di masa mendatang?

 

 

1.3 Tujuan

1.3.1 Untuk Mengetahui Perkembangan perpustakaan dan internet/LAN

1.3.2 Untuk mengetahui perkembangan perpustakaan yang dulu,kini dan masa mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Perkembangan Perpustakaan dan Internet/LAN

Perkembangan perpustakaan dari masa ke masa juga tidak lepas dari peran kemajuan teknologi yang sangat baik,perkembangan teknologi dari masa ke masa yang terus semakin hari semakin hebat dan kemajuan teknologi yang mau tidak mau berimbas pada perpustakaan dari segi TI. walaupun belum semua perpustakaan di Negara ini yang terjeramah TI, tetapi setidaknya ada langkah untuk memulai memajukan perkembangan perpustakaan ke era yang lebih canggih, dari adanya perkembangan TI perpustakan mulai perkembangan diantaranya yaitu dari segi pengkatalogan,peminjaman,pencarain lokasi dan judul buku yang di inginkan serta keluar masuk perpustakaan juga dilengkapi dengan teknologi yang menunjangnya. Layanan internet di perpustakaan bertujuan agar pengguna dapat informasi yang bersumber dari web. Pengguna dapat melakukan penelusuran sendiri atau dengan memesan bahan yang mereka butuhkan kepada pustakawan. Katalog online atau OPAC merupakan sistem katalog komputer. OPAC bekerj berdasakan konsep jaringan baik berupa LAN maupun WAN. LAN digunakan untuk keprkluan hubungan kerja dalam satu ruangan atau bangunan sedangkan WAN untuk keperluan kerja dalam lingkup yang luas yaitu antar wilayah misalnya menggunakan internet.

 

2.2. Perkembangan Perpustakaan Dulu,kini dan Masa Mendatang

  1. Perpustakaan Dulu

Perjalanan perpustakaan diperkirakan sudah aada sejak 5000 tahun lalu,perkembangan perpustakaan di warnai dengan perkembangan peradaban dan kebudayaan manusia iatu sendiri,perpustakaan yang kita kenal sekarang ini adalah lebih tua daripada kertas,bukudan mesin cetak. Sebab perpustakaan telah ada jauh sebelum benda-benda tersebut ditemukan orang. perpustakaan dulu sebenarnya tidak perlu disebutkan persisnya kapan tahun berapa, karena sejarah perpustakaan tidaklah sederhana dan tidak diketahui secara persis waktunya. Perkembangan perpustakaan berjalan bersamaan dengan perkembangan budaya umat manusia dan pengenalan bentuk huruf-huruf sebagai formulasi suara atau bahan komunikasi. Namun perpustakaan merupakan mata rantai sejarah umat manusia yang dapat ditulis atau dibukukan dan direkam, kemudian diabadikan atau disimpan di perpustakaan. Perpustakaan tersebut merupakan sumber ilmu pengetahuan, sumber inspirasi, sumber inovasi dan sumber referensi. Perpustakaan dulu atau masa silam mempunyai cirri-ciri sebagai berikut ini:

  • Jumlah dan jenis perpustakaan masih sedikit
  • Jumlah dan jenis koleksi masih terbatas,
  • Jumlah pemakai sedikit, umumnya terbatas pada kalangan tertentu saja,
  • Sistem pengolahan, penataan pemakaiannya belum diatur seperti yang sekarang.
  • Buku pedoman, standar, dan rujukan untuk membentuk perpustakan masih langka,
  • Sarana dan perlengkapan perpustakaan masih belum memadai.

Dilihat dari segi bahan pustaka,  juga terjadi perubahan. Pada perpustakaan dulu, bahan untuk membuat pustaka. Mula-mula  adalah tanah liat yang menghasilkan lempeng tanah liat (clay tablets). Papyrus yaitu tumbuhan rumput tinggi di rawa –rawa (Cyperus papyrus) yang melimpah, hasil itu digunakan sebagai penjilid buku, media tulis atau untuk cetakan. Perkamen banyak digunakan di Eropa sekitar abad 2 sampai penemuan mesin menggunakan jenis bergerak pada abad 15, walaupun peranannya sebagai media cetak mulai berkurang sejak abad 12 dengan penemuan kertas. Biaya pembuatan perkamen lebih mahal daripada papyrus namun lebih awet daripada papyrus. Selama Abad Pertengahan, perkamen digunakan untuk membuat lembaran buku manuskrip. Itulah sebabnya mengapa buku abad pertengahan sangat tebal karena lembarannya terbuat dari kulit hewan. Karena perkamen cenderung berminyak maka harus digosok dengan ampelas untuk memudahkan penulisan. Bahan pustaka beubah lagi dengan diketemukannya kertas di Dunia Barat  Bahan pustaka lainnya ialah vellum Materi tulis tipis dan baik terbuat dari kulit anak hewan baru lahir (biasanya anak sapi, namun dapat juga anak domba, biri-biri dan kijang), disamak dan dipoles dengan alum, digunakan sebagai media tulis selama Abad Pertengahan, sebelum penggunaan kertas di Eropa serta juga digunakan untuk kopi beberapa edisi (termasuk Alkitab Gutenberg) selama  75 tahun pertama penectakan. Vellum juga digunakan sebagai bahan luar pada masa awal penjilidan.  Vellum dapat tahan lama, cenderung keriting atau mengerut ke arah bagian dalam pada kelembaban rendah. Bahan pustaka di atas berubah ketika mesin cetak diketemukan Gutenberg pada pertengahan abad 15 serta penemuan kertas sebagai bahan pustaka. Penemuan bahan pustaka dapat disevut sebagai sebuah revolusi karena sejak kertas diketemukan, terjadi penurunan drastis pembuatan manuskrip serta praktis melenyapkan bahan pustaka lainnya. Penemuan mesin cetak berpengaruh besar pada penyebaran agama Protestan oleh Martin Luther karena berkat mesin cetak maka poster dan buku dapat dibuat dalam jumlah banyak. Penemuan mesin cetak juga berdampak lain yaitu mulainya pelarangan buku karena buku yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebijakan penguasa. Pada abad 16 pelarangan buku sering disertai dengan perusakan mesin cetak.Namun begitu perpustakaan tersebut telah banyak sekali memberikan jasa kepada para pemakainya sampai sekarang. Yakni sebagai sumber informasi dan panduan, rujukan dalam penelitian untuk sampai pada masa sekarang. Sekiranya tidak ada perpustakaan, kita tidak tahu apa-apa alias buta tentang masa silam, dan tidak tahu apa yang terjadi sekarang karena apa yang ada dan terjadi sekarang tidak dapat dipisahkan dengan apa yang sudah ada serta merupakan kelanjutan hasil karya  masa lalu.

 

  1. Perpustakaan Kini

Perpustakaan pada masa kini terbagi atas 5 kategori sebagai berikut :

  1. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang merupakan bagian dari perguruan tinggi termasuk perpustakaan universitas, institut, sekolah tinggi dandibentuk guba memenuhi kebutuhan informasi dan riset para mahasiswa serta dosen pada lembaga akademik yang merupakan induknya.
  2. Perpustakaan umum merupakan perpustakaan tang didanai pemerintah guna publikdi kawasan tertentu (misalnya kabupetan dan kota) dan dididirkan guna melayani kebutuhan informasi, pendidikan dan rekreasi komunitas.
  3. Perpustakaan khusus yang merupakan bvagian dari lembaga pemerintah, lembaga bisnis dan riset, badan profesionak dan sejenisnya, didirikan guna melayani kebutuhan informasi orang-oran yang bearad dalam badan indubatau kelompok pemakai sasaran atau disiplin spesifik yang dibantu oleh organisasi induk.
  4. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan (SNI 7329:2009). Perpustakaan sekolah juga mencakup perpustakaan madrasah. Sebagai sebuah institusi, perpustakaan sekolah mengalami evolusi dilihat dari segi materi mau pun dari segi teknologi.
  5. Perpustakaan nasional. merupakan perpustakaan yang didirikan guna menyimpan terbitan sebuah negara, dimungkinkan berkat undang-undang, tidak punya pemakai spesifik yang datang ke perpustakaan. Yang diutaman ialah perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, perpustakaan umum sementara kebutuhan informasi perpustakaan sekolah dilayani oleh perpustakaan umum yang berada dalam kawasan sama.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perpustakaan di tuntut untuk lebih aktif,dinamis,cepat, tepat dan akurat dalam segala hal pelayanan maupun penelusuran informasi.hal ini dilakukan agar keeksistensian perpustakaan dapat dipertahankan di tengah maraknya penyedia informasi yang lebih canggih yang menjadi kompetitor bagi perpustakaan sehingga perpustakaan harus memahami konsep teknologi. Berdasarkan ilmu pengetahuan dan penemuan, serta hasil karya masa silam yang telah dikembangkan oleh generasi terdahulu, maka kita sekarang dapat berpijak kuat-kokoh dan mencapai apa yang kita lihat dan nikmati. Perpustakaan yang sekarang ada dan kita pergunakan telah banyak dan jauh mengalami perubahan dalam banyak aspek. Dari perpustakaan akan digali, diteliti, dan dikembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi komunikasi yang semakin canggih menyebabkan perpustakaan digital mudah diakses oleh siapapun dan darimana pun asal memiliki koneksi internet baik menggunakan PC, laptop, maupun telepon genggam. Kemudahan yang kini dapt dinikmati sedikit banyak dipicu oleh pemerinkatan pmanfaatan internet untuk kepentingan pendidikan.

  1. Perpustakaan Masa Mendatang

Pada era modern saat ini,kemajuan teknologi telah meningkat dengan pesat. Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih menyebabkan perpustakaan semakin berkembang. Perpustakaan dimasa mendatang bukan lagi sebuah tempat, gedung atau ruangan yang penuh dengan koleksi tercetak, tetapi merupakan sebuah tempat,gedung atau ruangan yang yang tetap mempunyai koleksi tercetak namun tidak sebanyak koleksi saat in dan lebih terisi oleh komputeri, yang akan digunakan oleh pustakawandalam menyimpan, mengakses, dan mengatur koleksi perpustakaan tersebut. Teknologi untuk mengakses koleksi-koleksi dari perpustakaan di masa mendatang akan semakin berkembang. Sarana temu kembali yang mungkin akan lebih banyak menggunakan Machine Readable Catalog (MARC) itulah gambaran tentang perpustakaan di masa mendatang karena kemajuan teknologi akan membuat banyak perubahan pada perpustakaan baik dari segi bentuk koleksi,pustakawan, pengguna, sistem layanan dan sarana temu kembalidan mungkin masih banyak lagi segi-segi lainnya yang akan mengalami perubahan.

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Sejarah perpustakaan dari masa ke masa, banyak mengalami perubahan yang sangat pesat mulai dari teknologi jaringan dan internet. Perpustakaan juga mencerminkan kebutuhan sosial, ekonomi, kultural dan pendidikan, perpustakaan akan semakin memberikan layanan yang optimal dan tentunya para pengguna perpustakaan akan dapat lebih memperoleh layanan informasi yang maksimal. Dengan perkembangan perpustakaan di masa mendatang tentunya akan lebih memudahkan para pengguna untuk mencari suatu infomasi diperpustakaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar pustaka

 

https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/04/07/globalisasi-dalam-pendidikan-perpustakaan-dulu-kini-dan-yang-akan-datang-menjelang-abad-21/

http://bicaraperpustakaan.com/2016/01/perpustakaan-dulu-kini-dan-esok.html/

http://praptiwi-hapsari.blogspot.co.id/2011/06/peranan-internet-terhadap-perpustakaan.html

http://kpiri.blogspot.co.id/2011/03/perpustakaan-di-masa-depan.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s